Setiap manusia pasti pernah marah. Namun, ada diantara kita yang larut dengan kemarahannya hingga berbuat sesuatu yang merugikan dirinya sendiri dan orang lain. Tapi, ada pula yang bisa meredam amarahnya.
Nah, bagaimana cara mengatasi kemarahan?. Berikut ada sedikit tips mengenai anger management yang dibeberkan seorang Psikolog Irfan Aulia melalui akun Twitter-nya @UdaIrfan beberapa waktu lalu.
Pagi ini baru baca ulang ttg florence mahasiswi ugm, jadi terinspirasi berbagi ttg anger management, boleh?
1. Bolehkah kita marah?
2. Kalau boleh seperti apa yg boleh? Kalau nggak seperti apa yang nggak boleh? #angermanagement
3. Marah dalam kkbi bisa berarti terbangkitkan karena ada perlakuan yang tidak menyenangkan #angermanagement
4. Dalam psikologi marah merupakan salah 1 mood (warna) dlm emosi manusia, jadi itu pasti ada di setiap orang #angermanagement
5. Nah yg disebut sebagai marah adalah ketika terjadi kondisi marah yang tak bisa kita kontrol dan tak mudah kembali tenang #angermanagement
6. Ini yang disebut sebagai temper (ketegangan) dan bisa terjadi frustasi atau agresi #angermanagement
7. Ini marah yg menjadi amarah, dlm kkbi nafsu yang timbul untuk membuat kerusakan #angermanagement
8. Saat menjadi amarah, maka marah harus bisa dikontrol dan bukan malah mengontrol diri anda #angermanagement
9. #angermanagement adalah upaya untuk mengenali kondisi marah, menyalurkan marah dengan positif dan kembali tenang
10. Ada penyebab marah? Buaaaanyaaaak, lagi nyetir tiba tiba motor main selonong.. lagi ngerjain tugas diganggu... dst
11. Namun inti dari kondisi marah adlh ketika anda mengalami perbuatan yg dipersepsikan tdk menyenangkan, faktornya bisa internal/eksternal
12. Tips sederhana yang ampuh dari #angermanagement adalah think before you speak
13. Sederhana, saat anda marah, orang sudah tahu anda marah, dari perubahan raut muka, getaran tubuh, dst
14. Tapi yang berbahaya adalah ketika anda tidak menyadari & tak bisa mengontrol amarah, akibatnya bisa lose control #angermanagement
15. Termasuk bicara di media sosial, karena walau bersifat personal, media sosial adalah media publik, bukan media privat
16. Krn bersifat media publik setiap orang bisa merespon balik, bahayanya saat kita bicara lepas kontrol, respon baliknya bs tak terkontrol
17. Itu sebabnya saat anda mengekspresikan sesuatu di ruang publik dalam keadaan marah, beri jeda sejenak #angermanagement
18. Contoh anda marah pada orang lain, cukup salurkan semua kemarahan anda ke mata, lalu tatap orang itu, percaya orang itu sdh tahu
19. Energi marah itu sangat besar, maka cukup dengan tatapan, bisa membuat orang yang kita marahi, termarahi dengan sangat #angermanagement
20. Nah dengan menatap kita punya kesempatan utk menahan diri, dan bisa menyampaikan marah dengan baik #angermanagement
21. Kalau masih gak tahan, carilah ruang privat, bisa tulis surat, teriak2, bersihin kamar, mandi, sholat.. dsb
22. Selama masih di ruang privat, anda akan punya kesempatan utk berpikir logis dan menjaga diri anda #angermanagement
23. Setelah tenang, anda boleh sampaikan kenapa anda marah, di saat tenang penyampaian jadi lebih enak & nyaman #angermanagement
24. Saat menyampaikan gunakan kata saya dan aku, menunjukkan diri kita #angermanagement
25. Jangan gunakan kata kamu atau loe tuh.. karena bisa jadi dia juga gak tahu atau gak ngerti kenapa anda marah #angermanagement
26. Dan akibatnya bisa timbul konflik baru dan marah anda gak tuntas #angermanagement
27. Cth maaf saya tadi merasa terganggu dengan anda melakukan ini itu.. atau saya merasa marah kalau mendengar kata yg anda ucapkan ..dst
28. Namun kalau anda melihat tak usah pakai penyebab atau menyebutkan penyebab menambah runyam, cukup katakan maaf saya td marah..
29. Bila ditanya, baru anda sampaikan, dan karena anda menyampaikan dlm kondisi enak dan tenang, keterimanya juga enak #angermanagement
30. Bila kita terpaksa marah, gunakan kata kata yang tidak menghinan atau mengejek macam *nj*** a** dst
31. Karena kadang2 kita gak sadar kalau sedang marah kata kata itu bisa sangat menusuk dan menghujam orang #angermanagement
32. Tatapan orang marah sudah sangat menusuk, jadi tak perlu kata kata lagi sejatinya #angermanagement
33. Oke, sekarang bagaimana kita supaya mudah tenang dan rileks dan gak gampang marah atau menjadi pemarah #angermanagement
34. Mulailah pagi dengan aktivitas produktif, banyak penelitian yg menyebutkan kualitas pagi menentukan kualitas hari #angermanagement
35. Beberapa pakar memberikan tips utk memulai pagi dengan melihat impian dan harapan anda, coba deh membuat anda bahagia #angermanagement
35. Mulai pagi dengan sholat malam, subuh berjamaah, dzikir, olahraga sangat dianjurkan, membuat hari anda hidup #angermanagement
36. Kemudian biasakan olahrga teratur, olahraga utama itu jalan, lari, sepeda, berenang, dengan ritme sedang dan teratur
37. Anda akan gampang marah ketika fisik anda sedang tidak bugar atau drop #angermanagement
[dm/pasberita.com]