Meskipun pemilihan presiden selanjutnya baru dilakukan pada 9 Juli mendatang, kubu Jokowi dan kubu Prabowo sudah mulai berperang di dunia online. Katapedia, sebagai salah satu online social menitoring mengumpulkan berbagai data terkait posisi kedua capres tersebut di dunia online, Jumat, (6/6).
Seperti dikutip dari republika.co.id, CEO Katapedia Indonesia, Deddy Rahman mengatakan, berdasarkan pemantauan Katapedia pada 2 hingga 4 Juni 2014, pembicaraan tentang Jokowi-JK sebanyak 70.761. Sedangkan Prabowo-Hatta sebanyak 65.936.
"Namun jumlah orang yang membicarakan Prabowo-Hatta lebih banyak. Sehingga nilai efektivitas kampanye Prabowo-Hatta masih lebih unggul dari pada Jokowi-JK," ujar Deddy.
Namun sebenarnya, terang Deddy, nilai efektivitas kampanye kedua kubu masih di bawah 50 persen. Orang-orang yang membicarakan kedua kubu masih sedikir atau orang-orangnya hanya itu saja.
Berdasarkan semua data yang dikumpulkan Katapedia, ujar Deddy, tim media Prabowo-Hatta jauh lebih baik dalam hal mengelola berita dibandingkan tim Jokowi-JK. Kedua capres belum memiliki narasi kuat untuk menginspirasi pengguna media sosial sehingga masih mengandalkan pasukan cyber dan tweetbot.
"Pertarungan menujui RI 1 masih sangat ketat. Kedua kubu masih sama kuat," jelas Deddy.[dm/pksnongsa.org]
Home »
PilPres 2014
» Kampanye Prabowo-Hatta Dinilai Lebih Efektif
0
Kampanye Prabowo-Hatta Dinilai Lebih Efektif
0 Comments